Hormat Kepada Orang Yang Lebih Tua

Hidup itu akan indah jika kita taat kepada aturanya, ada aturan tertulis berupa hukum agama maupun negara. ada juga peraturan tidak tertulis berupa hukum adat serta kebiasaan sopan santun yang berkembang dalam sebuah masyarakat. salah satu sikap terpuji yang sepatutnya senantiasa kita lakukan yaitu hormat kepada orang yang lebih tua. yang dimaksud orang tua disini bukan hanya bapak ibu kandung kita, namun berarti secara luas yaitu orang yang umurnya lebih tua dari kita. penghormatan itu bisa dilakukan dalam bermacam bentuk sikap yang antara lain yaitu.

 

Menaruh tangan kanan didahi sebelah kanan

ini biasa dilakukan di dunia militer sebagai sikap hormat kepada atasan atau sesama anggota, di dunia sekolah juga sering dilakukan oleh murid kepada para guru sebagai bentuk penghormatan. caranya yaitu dengan posisi tubuh tegak pandangan tajam melihat kepada orang yang dihormati, sambil menempelkan tangan kanan di dahi sebelah kanan, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada foto sebagai berikut.

hormat grak

hormat grak

Bilang permisi ketika lewat didepan orang yang lebih tua

Bukanlah sesuatu yang terpuji apabila kita asal nyelonong saja ketika lewat persis dihadapan orang tua entah itu kakek-kakek atau nenek-nenek, kita perlu menunjukan rasa hormat dengan bahasa tubuh disertai dengan ucapan, caranya yaitu sambil berjalan sedikit menundukan badan, dengan wajah tersenyum bilang permisi kek, permisi nek, permisi pak, atau permisi bu, sesuai dengan siapa kita ketemu. dalam bahasa jawa orang biasa bilang “amit-amit nggih..” yang artinya dalam bahasa indonesia yaitu “permisi ya..”

Membunyikan klakson kendaraan sebagai isyarat menyapa

Jika kebetulan kita lewat dengan mengendarai kendaraan entah itu sepeda motor atau mobil, lalu dipinggir jalan ada orang tua yang kita kenal, maka kita bisa menyapanya dengan menegur pakai ucapan secara langsung apabila memungkinkan, atau cukup dengan membunyikan klakson sebagai suara sapaan.

 

Dengan memberikan rasa hormat kepada orang yang lebih tua bukan berarti kita merendahkan diri sendiri, justru dengan begitu kita sedang menaikan kemuliaan diri, karena kemuliaan seseorang itu salah satunya diukur oleh ketinggian budi pekerti atau akhlaknya, salam hormat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.