Gerbang Demak Kota Wali di Karang Anyar dan Bates

Pintu Gerbang Demak Kota Wali di Karang Anyar dan Bates ini menggunakan ciri khas arsitektur masjid agung demak yang mempunyai atap tiga trap dengan bahan sirap kayu yang puncaknya terdapat mustoko (kubah masjid dalam bahasa jawa). dibangun di jalur nasional pantai utara pantura di 2 lokasi yaitu karang Anyar yang berbatasan dengan kota kudus, dan Bates yang berbatasan dengan kota semarang. sedangkan yang berbatasan dengan kota grobogan sedang direncanakan untuk dipercantik lagi.

gerbang demak kota wali

gerbang demak kota wali

Bentuk dan Tulisan pada portal Gerbang demak kota wali

ketika kita hendak masuk dari semarang atau kudus ke kota demak maka bisa kita lihat sisi portal gerbang yang bertuliskan “SELAMAT DATANG DI DEMAK KOTA WALI” sedangkan ketika hendak keluar dari kota demak ke kota kudus jika kita berada di karang anyar atau ke Semarang jika berada bates maka bisa kita saksikan tulisan dalam huruf besar”SELAMAT JALAN DEMAK KOTA WALI”. masing-masing diatasnya juga ada tulisan bismillahirrahmanirrahim dalam bahasa arab. disekitar gerbang tersebut juga ada deretan tiang unik yang diatasnya ada semacam ornamen buah jambu citra delima yang merupakan oleh-oleh khas kota wali ini selain blimbing.

Alamat Pintu gerbang demak kota wali

Sebenarnya ada banyak jalan yang menjadi perbatasan antara demak dengan kota sekitarnya yang juga sudah dibangun atau baru direncanakan untuk dibuat portal gerbang selamat datang yang bagus. namun kita khususkan disini untuk membahas gerbang yang berada di karang anyar dan bates yaitu berada di alamat sebagai berikut.

Karang Anyar

Bates diĀ  Jl. Raya Semarang – Demak km.8 Bates kecamatan Sayung Kabupaten Demak, Jawa Tengah, kode pos 59563.

 

Begitulah gambaran sekaligus ulasan mengenai pintu gerbang Demak Kota Wali di Karang Anyar dan Bates yang bisa kita lihat secara langsung di kota yang didalamnya ada wisata religi ziarah makam sunan kali jaga, dan juga bangunan bersejarah berupa masjid agung demak yang tidak pernah sepi dari pengunjung, ada juga kegiatan grebeg besar yang dilaksanakan setahun sekali di 2 minggu pertama bulan Dzulhijjah idul adha yang sangat disayangkan apabila tidak berkunjung untuk menyaksikanya secara langsung.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.