Daftar Mata Uang Negara ASEAN Dan Kurs Terhadap Dollar AS

Kali ini kita coba mengenal daftar mata uang negara ASEAN dan kurs terhadap dollar AS untuk menambah pengetahuan.

Sebenarnya sempat ada wacana untuk membuat mata uang tunggal asean untuk menggantikan dollar AS sebagai media transaksi perdagangan regional. Namun wacana ini belum terealisasi karena ada banyak faktor penghambatnya.

uang asean

uang asean

Pada tahun 2019 empat negara yang terdiri dari indonesia, filipina, thailand dan malaysia melakukan kesapakatan untuk tidak lagi menggunakan uang dollar AS dalam transaksi perdagangan. Keempat negara tersebut sepakat untuk mendorong penggunaan uang lokal dalam perdagang bilateral. transaksi memakai mata uang keempat negara yaitu rupiah, peso, baht, dan ringgit.

 

Daftar Mata Uang Negara ASEAN Dan Kurs Terhadap Dollar AS

Berikut ini daftar mata uang negara asia tenggara diurutkan berdasarkan kurs per dollar AS dimulai dari yang tertinggi sampai terendah.

No Negara Mata Uang  Kurs terhadap dolar AS
  A  Timor Leste  Dolar Amerika Serikat  1
  1  Singapura  Dolar Singapura 1,38
  2  Brunei Darussalam  Dolar Brunei 1,38
  3  Malaysia  Ringgit Malaysia 4,2
  4  Thailand  Baht Thailand 31,78
  5  Filipina  Peso Filipina 52,22
  6  Myanmar  Kyat Burma 1528,4
  7  Kamboja  Riel Kamboja 4060,45
  8  Laos  Kip Laos 8710
  9  Indonesia  Rupiah Indonesia 14364,3
  10  Vietnam  Dong Vietnam 23433,65

Kurs ini diambil dari google search kurs mata uang pada tanggal 30 mei 2019, kurs bisa berubah setiap saat mengikuti situasi terbaru.

 

Saya secara pribadi saya melihat bahwa semua negara asia tenggara akan lebih banyak mendapatkan manfaat apabila membuat mata uang tunggal asean sebagai alat tukar transaksi dagang di kawasan seperti euro di uni eropa.

Mata uang tersebut bisa memakai koin emas perak yang disebut juga sebagai dinar dan dirham. Hal ini akan membuat mata uang regional menjadi lebih stabil karena tidak bergantung lagi dengan dollar AS.

Kita tahu bahwa jika antar negara asean berdagang memakai dollar AS maka uang lokal harus dikonversi terlebih dahulu sehingga membuat biaya lebih tinggi. Belum lagi mata uang dollar tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi serta kebijakan dari negara asalnya sehingga akan lebih stabil apabila ada mata uang tunggal asean.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.