Kita bisa memanfaatkan fasilitas cek Tagihan BPJS Kesehatan online melalui form dibawah ini untuk mengetahui berapa iuran atau angsuran BPJS yang belum dibayarkan. cukup memasukan salah satu nomor BPJS maka akan keluar informasi tagihan dari seluruh anggota keluarga. aplikasi ini bisa diakses melalui website resmi BPJS kesehatan yaitu bpjs-kesehatan.go.id

 

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

Berikut ini formulir cek angsuran BPJS dari www. bpjs-kesehatan .go .id

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

  • Masukan 13 digit nomor kartu BPJS Kesehatan
  • Masukan tanggal lahir
  • Masukan angka validasi yang tertera pada gambar
  • Klik tombol Cek
  • Jika informasi nomor kartu dan tanggal lahir yang kita input benar, maka sistem akan menginformasikan daftar nama peserta dalam satu keluarga beserta besaran iuran yang belum terbayarkan.

Apabila lupa nomor kartu dengan berbagai sebebab seperti hilang, maka bisa menanyakanya ke kantor BPJS kesehatan terdekat untuk dilakukan pelacakan nomor peserta melalui sistem komputer. apabila kartunya hilang maka bisa sekalian minta cetak ulang, biayanya gratis tanpa pungutan, prosesnya juga cepat tergantung antrian pengunjung.

 

Setelah melakukan cek iuran BPJS, selanjutnya Kita bisa membayar tagihan BPJS kesehatan melalui ATM, pegadaian, minimarket seperti indomaret atau alfamart serta beberapa penyedia jasa keuangan yang lainya. kita juga bisa memanfaatkan fasilitas autodebet yang disediakan oleh bank seperti BRI, Mandiri, BNI maupun yang lainya sehingga setiap bulan rekening akan terpotong otomatis tanpa harus menghabisakan banyak waktu serta tenaga seperti jika harus membayar secara manual.

Bagi yang menunggak membayarn iuran BPJS Kesehatan lebih dari satu tahun maka bisa melakukan pelunasan biaya tagihan melalui kasir pegadaian atau indomaret, pemerintah indonesia punya kebijakan keringanan dalam hal ini, yaitu tidak perlu membayar selama jumlah bulan yang belum terbayar, tapi cukup 13 bulan saja. pembayaran harus total untuk 1 keluarga dalam KK, tidak bisa hanya untuk satu orang saja. selanjutnya kartu langsung aktif dan bisa digunakan, namun apabila digunakan untuk rawat inap sebelum 45 hari sejak pelunasan maka dikenakan denda harus membayar sendiri biaya 2,5% dari total tagihan.