Cara Perhitungan volume kebutuhan urugan tanah

Cara Perhitungan volume kebutuhan urugan tanah dapat dihitung menggunakan rumus bangun ruang sesuai dengan bentuk area yang akan diurug, contohnya ketika kita hendak mengurug halaman rumah berbentuk persegi panjang ukuran 5m x 6m setinggi 2m. disitu kita bisa lihat bahwa area yang akan diurug berbentuk balok persegi yang rumus volume isinya adalah panjang x lebar x tinggi yaitu 5m x 6m x 2m = 60m3. jadi kita dapatkan volume urugan tanah sebanyak enam puluh meter persegi. namun perlu diingat bahwa dalam mengurug tanah itu akan terjadi pemadatan, oleh karena itu dalam memesan atau mendatangkan tanah urug hendaknya dilebihkan agar nantinya bisa pas setelah tanahnya memadat. kelebihan tersebut bisa dihitung dengan rumus 1,2 x volume urugan. jadi kebutuhan urugan tanah = 1,2 x 60m3 = 72m3, berikut penjelasan proses perhitunganya.

 

 

Melihat bentuk area yang akan diurug tanah

Tahapan ini sangat penting agar kita bisa menentukan rumus volume bangun apa yang akan dipakai untuk menghitung banyak urugan tanah dalam satuan m3. misalnya jika area yang kita hitung berbentuk persegi panjang dengan ketinggian urugan rata, maka rumus yang dipakai yaitu panjang tanah x lebar tanah x tinggi urugan tanah. setelah diketahui bentuknya, lalu perlu diukur panjangnya masing-masing, contohnya kita dapatlam panjang = 6m, lebar =5m, dan tinggi urugan = 2m.

Menghitung volume area yang akan diurug tanah

Setelah kita tahu bentuk area yang yang akan diurug lalu bisa dilanjut ke proses perhitunganya seperti ini

  • Volume urugan tanah = panjang x lebar x tinggi
  • Volume urugan tanah = 6m x 5m x 2m = 60m3.

Kita dapatkan volume urugan tanah sebesar 60m3. namun akan ada pemadatan ketika tanah dituang ke lokasi pengurugan sebesar 1,2 kali volume. jadi total kebutuhan tanah urug sebesar 1,2 x 60m3 = 72m3.

cara perhitungan kebutuhan urugan tanah

cara perhitungan kebutuhan urugan tanah

Menghitung berapa truck kebutuhan urugan tanah

Pertama kali kita perlu tahu berapa kapasitas muat satu bak truck, contohnya isinya 7m3. tadi kita tahu kebutuhan tanahnya 72m3. dari situ bisa dihitung kebutuhanya, caranya seperti ini

  • 72m3 / 7m3 = 10,28571 truck dibulatkan menjadi 11 truck

Jadi kita perlu mendatangkan tanah sebanyak 11 truck yang masing-masing isinya 7m3.

 

prinsip cara perhitungan volume kebutuhan urugan tanah ini juga berlaku dalam pekerjaan pasangan batu kali yang juga dihitung dalam satuan m3.

One Response

  1. Wirdayanti 12 April 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.