Cara menghitung luas pembersihan lahan yang akan dibangun rumah

Cara menghitung luas pembersihan lahan yang akan dibangun rumah bisa menggunakan rumus hitung luas sesuai dengan bentuk tanah, jika tanahnya berbentuk persegi empat maka bisa memakai rumus panjang kali lebar, begitu juga jika bentuknya segi tiga maka bisa memakai rumus alas kali tinggi dibagi dua.

 

Apa saja yang dibersihkan?

Membangun itu perlu lahan yang sudah bersih dari benda-benda yang menghambat pelaksanaan, misalnya

  • Pohon yang terkena bangunan.
  • Bangunan existing yang tidak lagi digunakan.
  • Sampah yang mengurangi kualitas rumah.
  • Gundukan tanah yang perlu diratakan.
  • Barang-barang yang berada diatas tanah lokasi pembangunan.

Contoh gambar denah tanah

denah tanah tipe 72

Tanah tersebut berukuran 5m x 12m, jadi luasnya 7×12= 72m2 oleh karena itu disebut juga sebagai tipe 72. ukuran ini sering digunakan untuk rumah tipe 21 atau 36 di perumahan. jadi menyebutnya rumah tipe 36/72.

Menghitung volume luas pembersihan lahan

karena tanahnya berbentuk persegi panjang, maka menghitungnya pakai rumus panjang kali lebar, yaitu

  • Luas tanah = 5m x 12m = 72m2.

Menghitung biaya pembersihan lahan

Kita bisa memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk membersihkan lahan setiap 1m2, hal ini dilihat dari kondisi tanah serta tingkat kesulitan dalam membersihkan. pengerjaan secara manual dengan menggunakan tenaga tukang dan alat cangkul akan lebih murah jika dibanding dengan pekerjaan pembersihan dengan alat berat berupa excavator atai bego. karena disini tanahnya kecil, maka cukup pakai sistem manual saja, misalnya harga per m2 Rp.10.000,- maka biaya yang diperlukan untuk membersihkan lahan tersebut adalah

  • biaya membersihkan lahan = Rp.10.000,- x 72m2 = Rp.720.000,- terbilang (tujuh ratus dua puluh ribu rupiah).

 

Seperti itulah cara menghitung luas pembersihan lahan yang akan dibangun rumah. ini merupakan pekerjaan awal dalam rangkaian proses pembangunan rumah tinggal, setelah tanahnya dibersihkan yaitu dilanjutkan ke pekerjaan pemasangan bouw plank, yaitu pasang patok, papan, dan benang ukur sebagai dasar acuan ukuran perletakan bangunan, oleh karena itu selanjutnya kita akan membuatkan tutorial mengenai perhitungan volume dan biaya pekerjaan bouw plank.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.