Cara menghitung luas m2 bangunan atau rumah

Cara menghitung luas m2 bangunan atau rumah bisa dihitung memakai rumus luas atau menggunakan software gambar cad, keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga perlu disesuaikan dengan kemampuan kita dalam menghitung dan menggunakan software autocad. o.k beginilah contohnya.

 

Contoh menghitung luas bangunan

misalnya kita akan membangun rumah dengan rencana bentuk bangunan seperti gambar yang diarsir

menghitung luas bangunan

menghitung luas bangunan

Perhitungan luas rumah m2 secara manual

  • teras 2,5m x 1,5m =
  • R.tamu dan dapur = 2,5m x 6m =
  • Kamar tidur dua buah = 2,5m x 6m =
  • kamar mandi atau wc = 1,5m x 1,5m
  • total luas rumah = 36m2.

jadi luas bangunan tersebut adalah 36m2, itu tadi kalau bentuk rumahnya masih beraturan sehingga cukup memakai rumus luas bangun datar, nah.. jika bentuknya tidak beraturan maka menghitungnya bisa memanfaatkan bantuan software autocad, caranya seperti ini.

Perhitungan luas rumah m2 dengan software autocad

Pertama kali kita gambar terlebih dahulu denah rumahnya pada software cad seperti aurocad, buat garis keliling melingkari sisi luar bangunan, garis tersebut harus saling berhubungan yang untuk membuatnya bisa menggunakan perintah command “polyline” atau bisa disingkat dengan kat “pl”.

Setelah garis keliling rumah tersebut jadi, kemudian bisa mengklik garis tersebut kemudian pada command ketikan perintah “list” atau bisa disingkat dengan “li” lalu kita akhiri dengan memencet tombol enter, sehingga keluarlah sebuah halaman baru yang menginformasikan tentang garis tersebut meliputi area/luas, lengt/panjang, serta koordinat setiap titik sudut. tampilanya seperti ini.

menghitung luas rumah dengan autocad

menghitung luas rumah dengan autocad

Nah.. pada halaman tersebut terlihat info area 36000000,0000 itu masih dalam satuan mm2, jadi perlu dikonversi ke dalam satuan m2 menjadi 36m2.

 

Demikian penjelasan mengenai cara menghitung luas m2 bangunan atau rumah menggunakan sistem manual dengan rumus luas bangun datar, atau memanfaatkan bantuan software autocad. sebenarnya akan lebih cepat dan teliti jika menggunakan software, namun pakai cara manual juga sudah lebih dari cukup. jika sudah tahu luas rumahnya maka perkiraan biaya pembangunanya sudah dapat dihitung.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.