Cara menghitung biaya bangun rumah per m2

Cara menghitung biaya bangun rumah per m2 merupakan sistem cepat untuk mengetahui budget yang diperlukan untuk membangun tempat tinggal, disitu kita hanya perlu tahu berapa standar harga bangun rumah per meter persegi sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan apakah itu kualitas standar, menengah atau mewah. selanjutnya kita perlu tahu berapa luas bangunan dalam satuan m2. terakhir kita kalikan luas rumah dengan harga permeter persegi maka ketemulah perkiraan biayanya. berikut penjelasanya lebih lanjut.

 

Biaya bangun rumah per m2

Untuk mengetahuinya bisa mencari referensi dengan bertanya pada beberapa kontraktor maupun pemborong. itu sekaligus untuk menemukan pemborong yang bersedia memberikan harga paling murah. misalnya kita dapatkan data sebagai berikut

  • harga rumah standar = Rp.3.000.000,-/m2
  • harga rumah menengah = Rp.3.500.000,-/m2
  • harga rumah mewah = Rp.4.000.000,-/m2 sampai dengan tak terhingga menyesuaikan desain bangunan, kenapa tidak terhingga? coba bayangkan kalau semua dindingnya memakai berlian dan intan permata, berapakah biayanya, he.. he..

harga tersebut sudah komplit termasuk material dan upah tenaga kerja.

Luas rumah dalam m2

Selanjutnya kita hitung luas rumahnya, misalnya untuk bangunan 1 lantai ukuran 6m x 6m maka luasnya adalah 6×6=36m2, atau jika bangunanya 2 lantai dengan ukuran yang sama maka luasnya 2x6x6= 72m2. penjelasan sistem perhitunganya bisa dibaca pada artikel yang berjudul “cara menghitung luas m2 bangunan atau rumah“.

1m2 rumah

1m2 rumah

Menghitung biaya bangun rumah

jika yang akan kita dirikan adalah hunian kualitas standar yang biaya pembangunanya Rp.3.000.000,- sedangkan luas rumahny sudah diketahui 36m2, maka biaya pembangunanya yaitu

  • Rp.3.000.000,- x 36m2 = Rp.108.000.000,-
  • terbilang = (seratus delapan juta rupiah).

 

itu tadi perhitungan biaya sistem cepat dengan caraa m2, ada lagi yang lebih perlu ketelitian yaitu dihitung RAB (rencana anggaran biaya bangunan) disitu dirinci terlebih dahulu seluruh item pekerjaanya, dihitung volume masing-masing, dikalikan dengan harga satuan sehingga ketemulah harga untuk masing-masing pekerjaan seperti pondasi, dinding, lantai, plafond, dan seterusnya. terakhir dijumlahkan total biaya seluruh pekerjaanya sehingga ketemulah perkiraan budget yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.