Cara menghilangkan form komentar pada blog wordpress

Kali ini kita berikan panduan tentang cara menghilangkan form komentar pada blog wordpress. hal ini dimaksudkan agar halaman blog kita tidak bisa dikomentari oleh pembaca. ada 2 macam tipe kategori penghilangan formulir komentar yaitu pada artikel tertentu atau untuk semua post.

 

Menghilangkan form komentar hanya pada artikel tertentu di blog wordpress

Misalnya kita tidak menginginkan salah satu artikel yang kita tulis ada form komentarnya, sedangkan kita tetap ingin tersedia form komentar pada halaman artikel yang lainya. jika kondisinya seperti ini maka kita bisa mematikan fitur izinkan komentar melalui opsi layar diskusi pada artikel yang dimaksud. caranya sebagai berikut.

  1. Saat menulis post, coba lihat dibagian atas ada fitur opsi layar, masuk kemudian centang pada diskusi.
  2. lalu scrool kebawah dan hilangkan tanda centang pada dua fitur izinkan komentar, izinkan Izinkan lacakbalik dan pingbalik untuk laman ini.

    menghilangkan form komentar post wordpress

    menghilangkan form komentar post wordpress

Menghilangkan form komentar di semua artikel di blog worpress

Jika kita memakai langkah ini maka seluruh form komentar dibawah post tidak akan muncul, sebelumnya backup dulu database sql dan theme wordpress yang kita pakai, fungsinya hanya untuk jaga-jaga apabila ada kesalahan nantinya sehingga bisa dengan mudah dikembalikan ke kondisi semula. jika sudah maka bisa dilanjut ke trik intinya, caranya yaitu

  1. Pada halaman admin wordpress setelah masuk melalui wp-login.php, disebelah kanan masuk ke menu tampilan > editor atau jika berbahasa inggris adanya di menu Appearance > editor lalu pada direktori theme yang kita pakai buka single.php
  2. Pada single.php cari kode <?php comments_template( ”, true ); ?>
  3. Hapus kode tersebut yang merupakan pemanggil formulir komentar.
  4. Pencet tombol update file.

    <?php comments_template( '', true ); ?>

Cuma dengan begitu saja maka seluruh formulir komentar dibawah artikel tidak akan tampil diseluruh halaman post wordpress. selain melalui halaman dashboard, kita juga bisa melakukan pengeditan file single.php melalui file manager di cpanel hosting yang kita gunakan.

 

Begitulah kedua cara menghilangkan form komentar pada blog wordpress pada sebagian maupun seluruh artikel yang bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan.

One Response

  1. situs bikinan 6 Januari 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.