Cara Mengganti Password WordPress Lewat phpMyadmin

Bisa jadi kita terkena masalah lupa password blog wordpress self hosting yang pernah dibuat sebelumnya sehingga gagal untuk masuk ke halaman dashboard admin. Jika menghadapi masalah tersebut maka kita bisa menggunakan fasilitas tombol lupa password jika bisa mengakses email yang didaftarkan sebagai user pada blog tersebut. namun masalah akan bertambah jika kita juga dalam kondisi tidak bisa membuka email tersebut sehingga tidak memungkinkan untuk memanfaatkan tombol lupa password. namun tenang saja tidak perlu khawatir, karena kita masih bisa mempraktekan tutorial cara mengganti password wordpress lewat phpMyadmin yang kita jelaskan sebagai berikut.

 

Cara Mengganti Password WordPress Lewat phpMyadmin

1. Login ke cpanel

Pertama kita masuk ke cpanel hosting yang kita pakai, caranya yaitu dengan mengakses halaman ahadi.id/cpanel ganti kata ahadi.id dengan nama domain yang sahabat gunakan. masuk dengan username dan password sehingga berhasil masuk ke halaman cpanel.

2. Masuk ke phpMyadmin

Pada cpanel kita masuk ke menu phpMyadmin sehingga muncul halaman baru yang memperlihatkan database blog yang mau kita edit passwordnya. sebelumnya sebaiknya backup database terlebih dahulu, hanya untuk jaga-jaga apabila ada kesalahan saat mengeditnya, sehingga bisa dengan mudah dikembalikan ke database lama sebelum dilakukan perubahan.

3. Buka Databse wp_users

Dari beberapa struktur database wordpress ada yang namanya wp_users, kita klik data tersebut. kata wp merupakan standar default perfix worspress, jadi bisa saja berbeda apabila kita pernah merubahnya.

mengganti password wordpress lewat phpMyadmin

mengganti password wordpress lewat phpMyadmin

Edit User yang mau di rubah password

Di halaman database wp_users kita pilih user yang passwordnya mau di rubah, sehingga muncul halaman baru yang memperlihatkan struktur data user tersebut, disitu ada ID, user_login, user_pass, user_email, dan lain-lain. kita pilih yang baris user_pass.

4. Edit user_pass dengan mode MD5

Selanjutnya bisa kita lihat pada halaman edit user tersebut ada Kolom column, Type, Function dan Null Value. tempat kita merubah password ada dibagian kolom Null Value baris user_pass. kita rubah functionya ke format MD5 lalu mengetikan password baru di kolom Null Value.

5. Tombol GO

Terakhir kita klik tombil go setelah melakukan perubahan password dengan format MD5, sampai disini kita sudah 100% melakukan perubahan password wordpress.

6. Login WordPress

Bisa kita cek berhasil atau tidaknya perubahan kata kunci lewat phpmyadmin cpanel yang sudah kita lakukanya, caranya yaitu dengan masuk ke ahadi.id/wp-login.php memakai username dan password yang baru. ganti kata ahadi.id dengan nama domain blog yang kita pakai.

 

Begitulah beberapa langkah cara mengganti password wordpress lewat phpMyadmin, semoga bagi yang mengalami masalah ini bisa teratasi dengan baik serta lancar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.