Cara mengatasi There has been a critical error on your website wordpress

Kali ini saya tuliskan cara mengatasi There has been a critical error on your website wordpress barangkali ada yang mengalami masalah sama sehingga bisa teratasi dengan cepat sekaligus mudah. ini bisa jadi membingungkan apabila tidak mengetahui solusinya seperti apa yang saya alami sebelumnya.

Saya mengalami masalah ini ketika melakukan update plugin SEO dari halaman admin worpress, proses update berhenti ditengah jalan ketika belum selesai seratus persen.

Yang terjadi kemudian adalah website tidak bisa diakses normal, yang muncul justru tulisan There has been a critical error on your website, untuk masuk ke dahsboard juga tidak bisa.

There has been a critical error on your website

There has been a critical error on your website

Kemudian saya mencoba meminta bantuan kepada general support perusahaan tempat menyewa hosting. Dari situ saya disarankan agar melakukan rename folder plugins, kemudian melakukan update agar website kembali normal. Berikut langkah yang saya lakukan.

 

Sebelum melakukan langkah ini sebaiknya backup terlebih dahulu database sql beserta folder yang mau dihosting. Hal ini sebagai upaya antisipasi apabila terjadi kesalahan atau error sehingga bisa dikembalikan ke data sebelumnya.

Rename folder plugins ke nama lainya.

Masuk ke file manager cpanel dimana blog wordpress kita di hosting.

Menuju ke folder /public_html/wp-content/plugins (lokasi folder bisa berbeda apabila ada pengaturan diluar standar dalam menginstal wordpress sebelumnya).

Terserah mau direname pakai nama apa, disini saya rubah ke ccplugins.

rename folder plugins

rename folder plugins

Update plugin yang error

Setelah melakukan rename folder plugin, coba akses kembali website dan masuk ke halaman dashboard. apabila berhasil maka selamat, saatnya melakukan langkah berikutnya yaitu update plugins. Pastikan seluruh plugin terupdate ke versi terbaru.

Rename kembali nama folder plugins

Setelah berhasil normal, maka saatnya rename kembali folder plugins. Apabila terjadi error maka coba aktifkan plugin satu persatu sehingga ketahuan mana yang menjadi penyebabnya. setelah tidak terjadi error maka bisa kembali mengaktifkan semua plugin yang sebelumnya digunakan.

 

Begitulah cara yang saya lakukan ketika mengalami There has been a critical error on your website pada blog wordpress yang saya kelola, dan alhamdulillah langkah tersebut berhasil. Lega rasanya ketika website bisa kembali diakses secara normal. Semoga para sahabat juga terlepas dari error semacam ini apabila kebetulan mengalami masalah yang sama.

2 Comments

  1. Indah Permata 22 April 2020
  2. Liburan Hemat 10 Mei 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.