Bila Waktu Telah Berakhir Teman Sejati Hanyalah Amal

Ada yang menarik dari lirik lagu opick yang berbunyi bila waktu telah berakhir teman sejati hanyalah amal. disini ada sebuah pesan bahwa setelah kita mati dan jenazah dikuburkan maka akan ditemani oleh amal baik maupun buruk yang kita lakukan semasa hidup di dunia. Yang dimaksud waktu disini adalah batas umur hidup di dunia, karena sejatinya kehidupan itu masih berlanjut di alam kubur dan akherat meskipun raga sudah dikubur.

Saat kita meninggal maka keluarga hanya bersedia mengantar sampai ke kuburan lalu pulang meninggalkan kita sendirian, percayalah bahwa tidak akan ada satupun manusia bernyawa yang bersedia berbaring bersama kita diliang kubur. Harta benda yang semasa hidup kita perjuangkan dan jaga dengan susah payah hanya berdiam saja melepas kepergian kita, tak lama kemudian harta tersebut berpindah ke tangan orang lain entah itu anak, pasangan hidup, cucu atau yang lainya. Sedangkan sang amal akan menyertai kita di alam kubur. Apabila amal baik maka ia akan membawa kita pada hal-hal yang membahagiakan, sebaliknya amal buruk akan membawa kita pada hal-hal yang menyedihkan. mereka setia menemani di alam kubur sampai dengan hari kiamat datang entah kapan apakah seribu atau sejuta tahun lagi.

 

يَتْبَعُ الْمَيِّتَ ثَلاَثَةٌ ، فَيَرْجِعُ اثْنَانِ وَيَبْقَى مَعَهُ وَاحِدٌ ، يَتْبَعُهُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ ، فَيَرْجِعُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ ، وَيَبْقَى عَمَلُهُ

Yang mengikuti mayit sampai ke kubur ada tiga, dua akan kembali dan satu tetap bersamanya di kubur. Yang mengikutinya adalah keluarga, harta dan amalnya. Yang kembali adalah keluarga dan hartanya. Sedangkan yang tetap bersamanya di kubur adalah amalnya.” (HR. Bukhari, no. 6514; Muslim, no. 2960)

bila waktu telah berakhir teman sejati hanyalah amal

bila waktu telah berakhir teman sejati hanyalah amal

Walaupun keluarga dan harta hanya bersedia mengantarkan jenazah sampai ke kuburan, bukan berarti kita bisa seenaknya mengacuhkan mereka selama hidup di dunia. Justru kita punya kewajiban untuk berbuat baik kepada keluarga dengan seoptimal mungkin, sehingga perbuatan baik tersebut tercatat sebagai amal. Kita juga diwajibkan untuk bekerja atau berusaha segiat mungkin agar bisa mendapatkan harta berlimpah sehingga dapat menggunakanya untuk beramal ibadah lebih banyak lagi.

 

Video Lagu Bila Waktu Telah Berakhir Opick


Orang cerdas adalah mereka yang bekerja untuk kehidupan setelah kematian, yaitu orang yang menggunakan seumur hidupnya dengan seoptimal mungkin untuk memperbanyak amal ibadah. Yang dimaksud amal ibadah disini artinya luas yaitu yang bersifat habluminallah (berhubungan dengan allah) misalnya dengan rajin menjalankan syahadat, sholat, zakat, puasa, haji dan lain-lain. atau amal ibadah yang bersifat habluminannas (berhubungan dengan makhluk) seperti bekerja, berkarya, berdagang, merawat anak dan melakukan beragam aktifitas lainya sesuai profesi serta bakat masing-masing dengan niat untuk ibadah kepada Allah SWT. Semoga kita termasuk kedalam orang-orang yang beruntung dengan membawa banyak bekal amal kebaikan ketika datang saatnya kematian.

Saya termasuk orang yang menyukai lagu opick terutama yang berjudul bila waktu telah berakhir. Saya merasa bahwa didalam lagu tersebut banyak hal berharga yang bisa dipetik sebagai penyemangat untuk terus berjuang agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.