Belajar Pada Pohon Agar bisa Menjadi Manusia Berkualitas

Kita perlu belajar pada pohon agar bisa menjadi manusia berkualitas, didalamnya ada banyak pelajaran berharga yang sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja, contohnya seperti ini.

 

Keinginan itu ibarat ranting pohon, ranting boleh tumbuh banyak asalkan batangnya kuat agar tidak roboh, keinginan juga boleh besar dan banyak asallkan punya kemampuan agar diri tidak bersusah payah.

Pohon akan memperkuat batang dan akar untuk menghadapi angin yang akan meniup kencang ketika ranting itu mulai tumbuh besar agar tidak tumbang, Sebagai manusa juga perlu memperkuat iman, ilmu, dan amal ketika keinginan itu sudah mulai banyak, agar diri tidak goyah.

pohon

pohon

Akar pohon itu bekerja didalam tanah, ia tidak terlihat tapi terus memberi nutrisi kepada batang, ranting dan daun diatasnya. Manusia juga hendaknya memperbanyak bekerja, beribadah dan beramal tapi secara sembunyi2 saja, seperti akar pohon yang kerjanya tidak perlu diperlihatkan.

Ketika sudah besar maka pohon akan berbuah sesuai dengan jenisnya masing-masing, buahnya bisa dimanfaatkan oleh manusia, ulat, atau hewan2. begitu juga dengan manusia yang sudah menjadi manusia, hendaknya ia berbuah karya dan hidup bermanfaat.

Ketika pohon berdaun hijau dan berbuah lebat, maka akan banyak manusia, hewan, ulat yang datang untuk mengambil manfaatnya, ada yang dengan cara baik-baik, delempar batu atau bahkan dengan mematahkan ranting. nah.. ketika manusia hidupnya sudah bermanfaat maka akan datang makhluk2 yang memanfaatkan dengan cara baik-baik atau secara kasar, itu sudah jalanya, jadi nikmati saja.

Pohon akan mengeluarkan biji sehingga bisa tumbuh menjadi tunas-tunas lain yang nantinya menjadi generasi penerus. dan orang2 yang sudah berhasil menjadi manusia juga mendidik anak-anak, murid-murid, dll agar nantinya meneruskan kehidupan yang baik.

 

Ayat Alquran yang mengisyaratkan adanya perumpamaan pada pohon yaitu Q.S. Ibrahim ayat 24 dan 25

أَلَم تَرَ كَيفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصلُها ثابِتٌ وَفَرعُها فِى السَّماءِ
(24) Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya kuat dan cabangnya (menjulang) ke langit,

تُؤتى أُكُلَها كُلَّ حينٍ بِإِذنِ رَبِّها ۗ وَيَضرِبُ اللَّهُ الأَمثالَ لِلنّاسِ لَعَلَّهُم يَتَذَكَّرونَ
(25) (pohon) itu menghasilkan buahnya pada setiap waktu dengan seizin Tuhannya. Dan Allah membuat perumpamaan itu untuk manusia agar mereka selalu ingat.

 

Dan masih banyak lagi pelajaran yang bisa diambil dari sang pohon agar kita bisa menjadi manusia berkualitas yang lebih baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.