Belajar Agama Islam

Belajar Agama Islam merupakan hal penting dalam hidup kita, karena itulah jalan lurus yang akan membimbing kita meraih kebahagiaan hidup di dunia maupun akherat, islam berarti berserah diri kepada Tuhan. secara umum dalam islam ada tiga hal utama yang perlu dimengerti sekaligus dijalankan, yang pertama yaitu menjalankan lima rukun islam yang terdiri dari syahadat, sholat, zakat, puasa, haji. yang kedua yaitu mempercayai enam rukun iman, dan ketiga ihsan. berikut ini penjelasanya secara umum.

 

ISLAM

ISLAM

Rukun Iman ada enam

  1. iman kepada Allah, yaitu satu-satunya Tuhan yang menciptakan dan mengelola dunia seisinya, tidak ada tuhan selain Allah yang maha esa.
  2. iman kepada malaikat Allah, Malaikat yaitu makhluk yang diciptakan oleh Allah dari cahaya, ada banyak malaikat yang diberi tugas masing-masing, sebagai orang islam wajib mengimani 10 malaikat yaitu Jibril, Mikail, Rakib, Atid, Mungkar, Nakir, Izrail, Israfil, Malik, Ridwan.
  3. iman kepada kitab Allah, yaitu kitab Zabur, Taurat, Injil, Alquran.
  4. iman kepada nabi dan rasul utusan Allah, ada banyak jumlah nabi dan rasul yang diutus oleh Allah ke dunia, orang islam wajib mengimani 25 rasul yaitu Adam, Idris, Nuh, Hud, Shaleh, Ibrahim, Luth, Isma’il, Ishaq, Yaqub, Yusuf, Ayyub, Syu’aib, Musa, Harun, Zulkifli, Yunus, Ilyas, Ilyasa, Daud, Sulaiman, Zakaria, Yahya, Isa, Muhammad. nabi muhammad adalah nabi sekaligus rasul terakhir.
  5. iman kepada hari kiamat, yaitu hari kehancuran seluruh alam semesta termasuk umat manusia, setelah itu ada hari kebangkitan dimana seluruh manusia dihidupkan kembali untuk mempertanggungjawabkan seluruh amalnya ketika dahulu hidup di dunia. orang baik masuk surga, sedangkan orang jahat masuk neraka.
  6. iman kepada qada dan qadar, qadha yaitu ketentuan Allah yang sudah ditetapkan dan tidak bisa dirubah oleh makhluknya, sedangkan qadar adalah ketentuan yang timbul akibat pilihan makhluk Allah yang kelak akan dimintai pertanggungjawaban di hari perhitungan amal.

Rukun Islam ada lima

  1. Syahadat, yaitu membaca dua kalimat tauhid yang pertama bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan yang kedua bersaksi bahwa nabi muhammad adalah rasul utusan Allah.
  2. Sholat, ada sholat 5 waktu yang diwajibkan setiap harinya yaitu Isya, Subuh, Dzuhur, Asar, Maghrib, kelima sholat wajib tersebut sifatnya harus dikerjakan, apabila dilakukan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan mendapat dosa. selain itu ada juga berbagai macam sholat yang disunahkan yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak apa-apa.
  3. Zakat, yaitu memberikan sebagian harta kepada orang-orang yang berhak menerimanya. ada zakat yang sifatnya wajib yaitu zakat fitrah disetiap malam hari raya idul fitri, dan zakat mal apabila hartanya sudah melebihi nisab. selain itu ada pemberian yang sifatnya sunah seperti shodakoh dan wakaf.
  4. Puasa, yaitu dimulai dari makan sahur sebelum subuh, dan berbuka ketika sudah masuk adzan maghrib. pada siang hari tidak makan minum, dan tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan ibadah puasa. ada puasa yang sifatnya wajib yaitu puasa dibulan ramadhan, ada juga puasa sunah yaitu puasa daud, senin kamis, tanggal 13,14,15 hijriyah setiap bulanya, serta berbagai macam puasa sunah lainya.
  5. Haji, yaitu berhaji ke baitullah di mekah dengan menjalankan syarat sahnya, haji ini hanya diwajibkan bagi orang yang sudah mampu.

Ihsan

ihsan berarti terbaik atau kesempurnaan, yaitu orang yang beribadah kepada Allah seolah-olah ia melihatnya, dan jika tidak bisa membayangkan melihat Allah maka ia yakin bahwa seluruh perbuatanya dilihat oleh Allah.

 

Begitulah gambaran singkat awal mula belajar agama islam, masih banyak lagi ilmu pengetahuan lain yang bisa kita pelajari. dengan belajar maka kita bisa tahu mana yang baik dan buruk, kita tahu mana yang harus dilakukan apabila itu diperintahkan oleh Allah, dan apa yang harus ditinggalkan apabila dilarang oleh Allah. dengan belajar dan menjalankan islam, iman, ihsan maka kita bisa berhasil meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akherat, bisa sukses secara lahir maupun bathin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.