Bahasa Inggris Hari Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu

Kali ini kita jelaskan mengenai nama-nama hari dalam bahasa inggris, kita tahu bahwa total jumlah hari dalam satu minggu ada 7 dengan nama berbeda dari mulai senin sampai minggu. Sedangkan jumlah hari dalam satu bulan itu bervariasi ada yang 30, 31, 29 atau 28. Secara berturut-turut bahasa inggris hari senin selasa rabu kamis jumat sabtu minggu yaitu monday tuesday wednesday thursday friday saturday sunday, berikut penjelasanya.

 

bahasa inggris haris senin selasa rabu kamis jumat sabtu minggu

bahasa inggris haris senin selasa rabu kamis jumat sabtu minggu

Bahasa Inggris hari Senin adalah Monday

Senin atau monday dalam bahasa inggris merupakan hari kedua dalam satu pekan. Kata Senin atau Isnain diambil dari bahasa Arab yang artinya dua.

Nama lain lagi untuk hari senin  adalah Soma, yang diambil dari bahasa Sanskerta dan berarti bulan, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Hari Senin adalah hari pertama masuk kerja. Senin juga merupakan hari pertama dalam minggu menurut ISO 8601. Dengan demikian menjadikan jumlah maksimum minggu dalam setahun adalah 54 minggu.

Bahasa Inggris hari Selasa adalah Tuesday

Selasa yang disebut sebagai tuesday dalam bahasa inggris merupakan hari ketiga dalam satu pekan. Kata Selasa diambil dari bahasa Arab yang berarti tiga.

Nama lain lagi untuk hari selasa adalah Anggara, yang diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti planet Mars, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Bahasa Inggris hari Rabu adalah Wednesday

Rabu yang dalam bahasa inggris disebut sebagai wednesday adalah hari keempat dalam satu pekan. Kata rabu diambil dari bahasa Arab yang berarti empat.

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Budha-Vara, mengambil kata dasar Budha dari bahasa Sanskerta yang berarti planet Merkurius, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Hari Rabu berada tepat pada pertengahan pekan.

Bahasa Inggris hari Kamis adalah Thursday

Kamis atau thursday dalam bahasa inggris adalah hari kelima dalam satu pekan. Kata kamis atau khamis diambil dari bahasa Arab yang berarti lima.

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Wrehaspati, Wrespati atau Respati yang diambil dari bahasa Sanskerta dan berarti planet Yupiter, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Bahasa Inggris hari Jumat adalah Friday

Jumat yang dinamakan friday dalam bahasa inggris adalah hari keenam dalam satu pekan. Kata Jumat diambil dari Bahasa Arab, Jumu’ah yang berarti beramai-ramai, diambil dari tata cara ibadah kaum Muslim yang dilakukan pada hari ini. Jumu’ah memiliki akar sama dengan Jama’ yang berarti banyak dan juga Jima’ yang artinya bergabung. Kata Jumu’ah dipakai menggantikan kata sittah atau sittat yang artinya 6 (enam), urutan harinya dalam seminggu.

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Sukra, yang diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti planet Venus, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Pada hari Jumat umat Muslim beribadah di masjid dengan melaksanakan Salat Jumat.

Bahasa Inggris hari Sabtu adalah Saturday

Sabtu disebut saturday dalam bahasa inggris adalah hari ketujuh dalam satu pekan atau minggu. Kata Sabtu diambil dari bahasa Ibrani, sabat (שבת “shabat”) yang berarti “berhenti bekerja”, namun melalui serapan dari bahasa Arab as-sabt. Kata ini memiliki akar sama dengan kata sab’at atau sab’ah yang berarti 7 (tujuh), menunjukkan urutan harinya dalam sepekan. (Huruf t dan h di akhiran dalam bahasa Arab sering dapat dipertukarkan)

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Saniscara, yang diambil dari bahasa Sanskerta dan berarti planet Saturnus, mirip dengan pengertian dalam beberapa bahasa-bahasa di Eropa, misalnya dalam bahasa Inggris, hari Sabtu adalah “Saturday” (dari “Saturn” (=Saturnus) + “day” (=hari)).

Selain itu ada lagi kata dalam bahasa Jawa, yaitu tumpek. Di Bali tumpek adalah hari Sabtu Kliwon.

Bahasa Inggris hari Minggu adalah Sunday

hari Minggu disebut sunday dalam inggris adalah hari pertama dalam satu pekan. Kata minggu diambil dari bahasa Portugis, Domingo (dari bahasa Latin dies Dominicus, yang berarti “dia do Senhor”, atau “hari Tuhan kita”). Dalam bahasa Melayu yang lebih awal, kata ini dieja sebagai Dominggu.[1] Baru sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, kata ini dieja sebagai Minggu. Nama lain hari Minggu adalah Ahad yang berarti satu dan diambil dari bahasa Arab (bahasa Ibrani: אֶחָד ‘eḥāḏ, Arab: الأحـد‎ ahad)). Dalam bahasa Ibrani kata ini berarti “satu” atau “pertama”.

Kata minggu (“m” dalam huruf kecil) berarti pekan, satuan waktu yang terdiri dari tujuh hari. Hari Minggu merupakan bagian dari akhir minggu.

Menurut International Organization for Standardization ISO 8601, hari Minggu adalah hari ketujuh dalam seminggu. Metode untuk merepresentasikan penanggalan dan waktu ini telah digunakan sejak 1988.
Nama lain hari Minggu adalah Ahad yang berarti satu dan diambil dari bahasa Arab (bahasa Ibrani: אֶחָד ’eḥāḏ, Arab: الأحـد‎ ahad)). Dalam bahasa Ibrani kata Ahad ini berarti “satu” atau “pertama”
Nama lain lagi untuk hari ini adalah Aditya, Raditya, Redite atau Dite yang diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti matahari, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa, misalnya bahasa Inggris “Sunday” yang berarti “hari matahari”.

 

Jadi sekarang kita sudah tahu bahwa bahasa inggris hari minggu adalah sunday, senin = monday, selasa = tuesday, rabu = wednesday, kamis = thursday, jumat = friday, sabtu = saturday, minggu = sunday.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.