Arti Shalluu fii buyuutikum adalah

Saya sempat melihat video yang viral di di kuwait yang sedang terkena wabah virus corona. Disitu seorang muadzin mengumandangkan azan tapi didalamnya diselipkan kalimat “Shalluu fii buyuutikum”, beliau mengucapkan kalimat tersebut sambil menangis.
video azan ke 1

video azan ke 2

Terus terang saya penasaran dengan hal ini, karena ini saya anggap sebagai sebuah hal baru dalam hidup saya karena sebelumnya tidak pernah mendengar atau mengetahui ilmu tentang ini sebelumnya.

Saya rasa ini perlu dicari tahu apakah ada dasarnya dalam hadits dan pernah dilakukan pada masa nabi muhammad sebelumnya? setelah melakukan pencarian akhirnya ketemu bahwa arti dari shallu fii buyuutikum adalah sholatlah kalian di rumah masing-masing, dan ada satu hadits yang berkaitan dengan ini yaitu sunan abu daud no 900.


صَلُّوا فِي بُيُوتِكُمْ

Shalluu fii buyuutikum

Shalatlah kalian di rumah kalian masing-masing.

 

Hadits sunan abu daud no 900


حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ أَخْبَرَنِي عَبْدُ الْحَمِيدِ صَاحِبُ الزِّيَادِيِّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْحَارِثِ ابْنِ عَمِّ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ لِمُؤَذِّنِهِ فِي يَوْمٍ مَطِيرٍ إِذَا قُلْتُ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ فَلَا تَقُلْ حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ قُلْ صَلُّوا فِي بُيُوتِكُمْ فَكَأَنَّ النَّاسَ اسْتَنْكَرُوا ذَلِكَ فَقَالَ قَدْ فَعَلَ ذَا مَنْ هُوَ خَيْرٌ مِنِّي إِنَّ الْجُمُعَةَ عَزْمَةٌ وَإِنِّي كَرِهْتُ أَنْ أُخْرِجَكُمْ فَتَمْشُونَ فِي الطِّينِ وَالْمَطَرِ

Artinya

Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Isma’il telah mengabarkan kepadaku Abdul Hamid salah seorang sahabatnya Az Ziyadi, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Al Harits sepupunya Muhammad bin Sirin, bahwa Ibnu Abbas berkata kepada Mu’adzinnya ketika hujan lebat; “Jika aku mengucapkan; “asyhadu anna Muhammadan Rasulullah” maka jangan kamu teruskan dengan; “Hayya ‘alas shalah” tapi serukanlah; “Shalluu fii buyuutikum (Shalatlah kalian di rumah kalian masing-masing.)” Mendengar hal itu, orang-orang banyak mengingkarinya, maka Ibnu Abbas berkata; “Yang demikian itu telah di kerjakan oleh orang-orang yang lebih baik daripadaku, sesungguhnya jum’at merupakan suatu kewajiban, namun aku tidak bermaksud menyuruh kalian keluar rumah melalui jalan yang berlumpur lagi becek.”

 

Kenapa muadzin di kuwait tersebut menganjurkan untuk sholat dirumah? bukankah sholat di masjid bagi laki-laki itu lebih utama? ternyata ini dilakukan karena dalam kondisi gawat darurat, negeri kuwait sedang dilanda virus corona dan belum diketahui apa obatnya, tidak sedikit warganya yang sakit bahkan sampai meninggal dunia, virus ini menular dari satu orang ke orang lainya ketika melakukan kontak fisik atau berada dalam jarak berdekatan.

Melihat kondisi tersebut maka pemerintah kuwait memutuskan kebijakan untuk membatasi jarak sosial agar tidak terjadi penularan yang lebih luas, termasuk dalam hal menyarankan untuk sholat di rumah selama wabah penyakit ini melanda agar selamat dari tertular virus covid-19.

Dan ketika wabah penyakit atau hal-hal yang membahayakan sudah tidak ada, maka sholat di masjid lebih baik daripada di rumah. Begitulah arti dari shalluu fii buyuutikum serta sedikit cerita tentang penggunaanya di negeri kuwait, semoga bisa mengobati rasa penasaran saya dan para sahabat sekalian.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.