Alhamdulillahi rabbil ‘alamin Segala Puji Bagi Allah Tuhan Seluruh Alam

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin  (اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ) merupakan ayat kedua dari surat alfatihah yang artinya segala puji bagi Allah tuhan seluruh alam. ini merupakan kalimat yang mengembalikan pujian kepada yang berhak yaitu Allah SWT. karena sebagai manusia kita cenderung mengharapkan banyak pujian dari orang lain, pujian itu bisa dalam bentuk berbagai hal dari mulai kesuksesan karir, kepemilikan harta yang berlimpah, jabatan yang tinggi, kepandaian, dan segala bentuk macam kelebihan lainya. untuk bisa mendapatkan pujian dari manusia tersebut, seringkali justru menyusahkan diri dalam berjuang serta membuat sombong ketika mendapat pujian, hal itu bisa membuat hidup kita jauh dari kebahagiaan di dunia maupun akherat. untuk itu kita perlu menjalankan Alhamdulillahi rabbil ‘alamin Segala Puji Bagi Allah Tuhan Seluruh Alam dengan ucapan, diyakini dengan hati, serta diwujudkan dalam bentuk perbuatan sehingga hidup senantiasa dalam ketenangan.

 

Alhamdulillahi rabbil alamin

Alhamdulillahi rabbil alamin

Tulisan arab Alhamdulillah dan artinya

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ

Arti Alhamdulillah yaitu segala puji bagi Allah

Tulisan Arab Alhamdulillahi rabbil ‘alamin dan artinya

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Arti Alhamdulillahi rabbil ‘alamin yaitu segala puji bagi Allah tuhan seluruh alam

Contoh situasi saat kita mengucap Alhamdulillahi rabbil ‘alamin

  1. Ketika seseorang memuji atas kelebihan yang ada pada diri kita, lalu kita berucap Alhamdulillah sebagai ungkapan bahwa Allah yang berhak mendapatkan pujian, dengan begitu maka kita bisa selamat dari bersikap beberbesar hati alias sombong.
  2. Ketika kita mendapat rezeki tidak terduga, atau mendapatkan suatu nikmat, disitu kita mengucap Alhamdulillah sebagai ungkapan sara syukur kepada Allah yang maha memberi.
  3. Kita bisa berdzikir “Alhamdulillah” dengan cara membacanya secara berulang-ulang secara lesan maupun batin, dengan begitu kita berupaya mengontrol diri agar tidak sibuk mencari pujian sehingga selamat dari kesombongan. dzikir ini juga sebagai pujian bagi Allah Tuhan yang maha sempurna.
  4. Saat orang lain mendapat nikmat, lalu kita mengucap Alhamdulillah sebagai ungkapan ikut senang dengan kenikmatan yang didapat oleh orang lain, serta selamat dari bersikap iri drengki karena hanya segala pujian bagi Allah.

 

Mengingat betapa besar manfaatnya kalimat Alhamdulillahi rabbil ‘alamin segala puji bagi Allah tuhan seluruh alam, maka Hendaknya kita sering berdzikir Alhamdulillah dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.